Macam Teknik Dasar Olahraga Bola Voli

Teknik Dasar Olahraga Bola Voli. Teknik dasar adalah cara melakukan sesuatu untuk mencapai tujuan tertentu secara efektif dan efisien sesuai dengan peraturan yang berlaku untuk mencapai hasil yang optimal. Teknik dasarĀ  bola voli dapat diartikan sebagai cara memainkan bola dengan efisien dan efektif sesuai dengan peraturan-peraturan yang berlaku untuk mencapai hasil yang optimal.

Teknik permainan yang baik selalu berdasarkan pada teori dan hukum-hukum yang berlaku dalam ilmu dan pengetahuan yang menunjang pelaksanaan teknik tersebut, seperti; biomekanika, anatomi, kinesiologi, dan ilmu- ilmu penunjang lainnya, serta berdasarkan peraturan permainan yang berlaku.

Pentingnya Penguasaan Teknik Dasar Olahraga Bola Voli

Penguasaan teknik dasar dalam permainan bola voli ini penting mengingat beberapa hal, sebagai berikut:

(1) hukuman terhadap pelanggaran permainan yang berhubungan dengan kesalahan dalam melakukan teknik;

(2) terpisahnya tempat antara regu satu dengan regu yang lain, sehingga tidak terjadi sentuhan badan dari pemain lawan maka pengawasan wasit terhadap kesalahan teknik ini lebih seksama;

(3) banyaknya unsur-unsur yang menyebabkan terjadinya kesalahan- kesalahan teknik, antara lain: membawa bola, mendorong bola, mengangkat bola, dan pukulan rangkap;

(4) permainan bola voli adalah permainan cepat, artinya waktu untuk memainkan bola sangat terbatas, sehingga penguasaan teknik-teknik yang kurang sempurna akan memungkinkan timbulnya kesalahan-kesalahan teknik yang lebih besar;

(5) penggunaan taktik yang tinggi hanya dimungkinkan kalau penguasaan teknik dasar dan tinggi dalam bola voli cukup sempurna.

Dalam permainan bola voli terdapat berbagai teknik yang harus dikuasai oleh setiap pemain. Teknik dasar olahraga bola voli meliputi; servis, passing, umpan (set- up), smash (spike), dan bendungan (block). Adapun teknik dasar olahraga bola voli sebagai berikut:

1. Servis

Pada umumnya servis hanya merupakan pukulan pembukaan untuk memulai suatu permainan sesuai dengan kemajuan permainan, teknik servis saat ini hanya sebagai permukaan permainan, tapi jika ditinjau dari sudut taktik sudah merupakan suatu serangan awal untuk mendapatkan nilai agar suatu regu berhasil meraih kemenangan. Oleh karena kedudukannya begitu penting maka para pelatih selalu berusaha menciptakan bentuk teknik servis yang dapat menyulitkan lawan dan mendapat nilai.

teknik dasar olahraga bola voli servisTeknik dasar servis dalam permainan bola voli antara lain:

(1) servis tangan bawah (underhand service), meliputi; back spin, out side spin, in side spin, cutting underhand, floating underhand,

(2) servis atas (overhead service) meliputi; tennis service, floating overhead, in side spin, outside spin, round house overhead, slider floating overhead, drive overhead, hongaria overhead

2. Passing

passing bawah bola voliPassing adalah usaha ataupun upaya seorang pemain bola voli dengan cara menggunakan suatu teknik tertentu yang tujuannya adalah untuk menyajikan bola yang dimainkannya kepada teman seregunya yang selanjutnya agar dapat untuk melakukan serangan terhadap regu lawan ke lapangan lawan.

Macam-macam passing

1) Pass-bawah normal, 2) Variasi pass-bawah, 3) Pass-atas normal, 4) Variasi pass-atas, 5) Passing dalam berbagai macam ketinggian bola.

Passing bawah dibagi menjadi tiga macam, yaitu;

(a) Passing bawah normal, (b) Passing bawah satu tangan, (c) Passing bawah tangan satu dengan meluncur.

3. Umpan (set-up)

Umpan adalah menyajikan bola kepada teman dalam satu regu, yang kemudian diharapkan bola tersebut dapat diserangkan ke daerah lawan dalam bentuk smash. Teknik mengumpan pada dasarnya sama dengan teknik passing. Letak perbedaannya hanya pada tujuan dan kurve jalannya bola.

passing atas bola voliUmpan yang baik harus memenuhi beberapa persyaratan, yakni: (1) Bola harus melambung di atas jaring dengan tenang di daerah serang lapangan sendiri, (2) Bola harus berada di atas jaring-jaring dengan ketinggian yang cukup agar dapat di smash oleh smasher, (3) Jarak umpan dengan net sesuai dengan tipe serangan yang diinginkan. Pada umpan normal jarak bola dengan net berkisar 20-50 cm.

4. Smash

Smash adalah tindakan memukul ke bawah dengan kekuatan, biasanya meloncat ke atas, masuk ke bagian lapangan lawan.

smash bola voliSmash yaitu teknik yang dilakukan oleh pemain bola voli yang berfungsi untuk melakukan serangan ke daerah lawan, sehingga bola yang akan diseberangkan ke daerah lawan tersebut dapat mematikan minimal menyulitkan lawan dalam memainkan bola dengan sempurna.

5.Blok

Block merupakan benteng pertahanan yang utama untuk menangkis serangan lawan. Jika ditinjau dari teknik gerakan, blok bukanlah merupakan teknik yang sulit. Namun keberhasilan suatu blok persentasenya relatif kecil karena bola smash yang akan diblok, arahnya dikendalikan oleh lawan untuk dapat menghindari blok.

teknik blok bola voliDengan menguasai seluruh teknik dasar olahraga bola voli, pemain akan mampu bermain secara maksimal. Disamping faktor pendukung lainnya yaitu komponen fisik, taktik dan mental. Dengan penguasaan seluruh aspek dalam permainan bola voli maka atlet akan bisa berprestasi.

Itulah artikel mengenai teknik dasar olahraga bola voli. Semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi pembaca yang sedang belajar teknik dasar permainan bola voli. Terima Kasih.

(Visited 54 times, 1 visits today)
Macam Teknik Dasar Olahraga Bola Voli | Kang Ikal | 4.5