Tes Kelincahan dengan Illinois Agility Test

Salam sobat teras olahraga, Postingan kali ini akan membahas mengenai tes fisik salah satu komponen kebugaran jasmani yaitu kelincahan (Agility). Tes kelincahan yang digunakan adalah illinois agility test. Sebelum dibahas lebih lanjut, perlu kita ketahui bahwa kelincahan adalah kemampuan tubuh untuk mengubah arah dengan cepat tanpa kehilangan keseimbangan yang didukung oleh kombinasi kecepatan, keseimbangan, daya ledak otot dan koordinasi.

Hampir semua cabang olahraga permainan bola besar maupun bola kecil membutuhkan komponen kebugaran jasmani ini. Kelincahan bisa didapat dari proses latihan yang terus menerus sesuai dengan aturannya. Untuk mengetahui kualitas kelincahan, maka dibutuhkan sebuah alat pengumpul data (Instrumen Tes) yang bisa mengukur secara valid dan reliabel.

Tes Kelincahan dengan Illinois Agility Test

Ada beberapa macam instrumen tes untuk kelincahan, salah satunya adalah Illinois Agility Test yang dikenalkan oleh Getchell pada tahun 1979.

Illinois Agility Test

Administrasi pelaksanaan tes:

1. Tujuan tes : Untuk mengetes kelincahan lari.

2. Peralatan yang dibutuhkan : 8 buah kun, Stopwatch

3. Prosedur pelaksanaan tes: Panjang area tes adalah10 meter dan lebarnya (jarak titik start dengan finis) adalah 5 meter. 4 kun digunakan sebagai tanda start, finis, dan untuk titik memutar 2 kun. 4 kun lainnya disimpan di tengah-tengah diantara titik start dan finis. Jarak tiap kun yang di tengah adalah 3.3 meter.

Subjek siap-siap untuk berlari dengan posisi badan condong ke depan. Ketika ada aba-aba “Ya”, stopwatch dijalankan, dan subjek lari secepat mungkin kemudian mengubah arah gerakan sesuai dengan alur gerakan yang terlihat pada gambar disamping tanpa mengenai atau menyenggol kun yang ada sampai ke titik finis.

4. Hasil: Skor yang bagus bagi laki-laki adalah di bawah 15.2 detik dan perempuan di bawah 17 detik. untuk lebih jelasnya bisa dilihat pada tabel norma kualitas kelincahan menurut Davis B pada tahun 2000.Norma Tes Kelincahan dengan Illinois Agility Test

5. Referensi: Getchell B. Physical Fitness: A Way of Life, 2nd ed. New York: John Wiley and Sons, Inc., 1979.

Itulah artikel mengenai tes kelincahan dengan illinois agility test. Semoga bisa menjadi referensi bagi pembaca yang akan melakukan tes fisik berupa kelincahan. Jangan lupa untuk melihat artikel menarik lainnya di website ini. Terima Kasih.

(Visited 38 times, 1 visits today)
Tes Kelincahan dengan Illinois Agility Test | Kang Ikal | 4.5