Tetap Bugar di Bulan Puasa dengan Olahraga

Tetap Bugar di Bulan Puasa dengan Olahraga. Bugar di bulan puasa dengan olahraga merupakan cara untuk meningkatkan level kebugaran kita pada saat menjalankan ibadah puasa. Yang berbeda adalah waktu pelaksanaannya. Jika di luar bulan puasa kita sudah terjadwal melakukan olahraga di siang hari. Maka di bulan puasa waktunya dipindahkan menjelang waktu berbuka puasa.

Tetap Bugar di Bulan Puasa dengan Olahraga

Sebagai umat muslim kita diwajibkan melakukan puasa dari pagi sampai sore. Waktu buka puasa ditandai dengan adzan magrib.

Terkadang sebagian dari kita pada saat melakukan puasa, meninggalkan olahraga yang sudah rutin dilakukan. Sehingga kebugaran jasmani kita menurun drastis.

tetap bugar di bulan puasa dengan olahragaPuasa bukan halangan untuk menjadikan tubuh tetap bugar dengan olahraga di bulan puasa. Banyak jenis olahraga yang bisa dilakukan oleh kita untuk menjaga tubuh tetap bugar selama bulan puasa.

Waktu Olahraga untuk Tetap Bugar di Bulan Puasa

Pemilihan waktu yang tepat dalam melakukan olahraga ketika bulan puasa, merupakan kunci utama dalam melakukan olahraga yang tidak mengganggu ibadah puasa kita.

Waktu yang dianjurkan melakukan olahraga adalah waktu menjelang berbuka yaitu antara jam 16.00-18.00. Karena pada waktu tersebut sudah mendekati waktu berbuka puasa.

Dalam keilmuan bioritmik tubuh juga, pada jam 16.00-18.00 merupakan waktu yang tepat untuk melakukan olahraga.

Olahraga yang Tepat di Bulan Puasa

Jenis olahraga yang dianjurkan di bulan puasa adalah olahraga dengan intensitas sedang sampai rendah. Contohnya seperti jogging, senam aerobik, bersepeda. Olahraga tersebut ditujukan bagi mereka yang non-atlet, dan tidak memiliki tujuan prestasi dalam sebuah kompetisi atau kejuaran.

Bagi atlet yang sedang persiapan menghadapi kejuaraan maka jenis olahraga yang dilakukan disesuaikan dengan menu latihan yang sudah dijadwalkan oleh pelatihnya dalam program latihan.

Seorang pelatih juga harus lebih bijak dalam menentukan porsi latihan yang akan diberikan pada atlet. Mengingat bahwa kondisi fisik atlet memang ada sedikit penurunan. Karena pada malam hari menjelang pagi, atlet tersebut harus bangun untuk melakukan makan sahur.

Upaya untuk tetap bugar di bulan puasa dengan olahraga memang sangat sulit sekali dilakukan jika kita tidak menjadikan olahraga sebagai hal yang penting untuk tubuh kita. Jadikan olahraga sebagai kebutuhan untuk menjaga tubuh kita dari penurunan kebugaran sehingga berdampak buruk pada kesehatan kita.

Itulah artikel mengenai tetap bugar di bulan puasa dengan olahraga. Semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi para pembaca. Terima Kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *