Variasi Latihan Sepak Bola Untuk Meningkatkan Passing dan Kolektifitas Permainan

Variasi Latihan Sepak Bola Untuk Meningkatkan Passing dan Kolektifitas Permainan. Salam sahabat pembaca teras olahraga, Pada postingan kali ini kita akan membahas mengenai cara meningkatkan keterampilan passing dalam cabang olahraga sepakbola. Latihan ini ditujukan bagi para pelaku sepakbola yang sudah menguasai teknik dasar passing terutama passing bawah. Banyak sekali sebenarnya cara atau bentuk latihan untuk meningkatkan kualitas passing bawah sepak bola, kali ini kita akan coba mengupas latihan melalui permainan yang biasa disebut 4-2.

Permainan 4-2 ini biasanya dipakai oleh pemain sebelum melakukan latihan inti. Bisa dilakukan melalui satu atau dua sentuhan maksimal bagi setiap pemainnya, sehingga membatasi pemain untuk tidak membawa bola lebih lama. Hal tersebut berguna pada saat melakukan permainan sepak bola, permainan akan lebih efektif dan efisien dalam pengeluaran tenaga ketika pola permainan tidak banyak membawa bola.Variasi Latihan Sepak Bola Untuk Meningkatkan Passing dan Kolektifitas Permainan

Pola permainan dengan mengandalkan passing satu atau dua sentuhan biasanya dipakai oleh klub sepak bola terkenal dunia yaitu Barcelona yang terkenal dengan tiki takanya.

Variasi Small Game Play

Beberapa latihannya diantaranya dengan melakukan permainan 4-2 ini atau disebut juga dengan small game play. Berikut ini beberapa variasi dari latihan 4-2 (small game play) dengan berganti area, untuk lebih jelasnya bisa dilihat pada gambar di bawah ini.

Variasi Latihan Sepak Bola Untuk Meningkatkan Passing dan Kolektifitas Permainan

Tata cara pelaksanaannya adalah

1. Pemain dibagi rata menjadi 4 kelompok dalam 4 area yang dibatasi oleh kun.

2. Tiap kelompok berjumlah 6 orang dengan 2 orang yang mengejar bola dan berusaha merebut bola, 4 orang memainkan bola supaya tidak direbut oleh 2 orang tersebut.

3. Anggota kelompok memainkan bola dengan maksimal 2 sentuhan termasuk sentuhan untuk passing.

4. Pemain diberikan waktu 1 menit untuk memainkan bola di dalam satu area.

5. Setelah ada aba-aba peluit, semua pemain tiap kelompok bergerak ke area berikutnya.

Nah itulah, salah satu variasi latihan passing dengan berubah area. Semoga bisa bermanfaat bagi para pembaca sekalian dan mungkin bisa diterapkan di klub sepak bola atau di SSB binaan para pembaca sekalian.

Terima kasih, dan jangan lupa untuk membaca artikel menarik lainnya di web ini.

(Visited 92 times, 1 visits today)

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.